Selamat datang di Buana Sewa Jasa merupakan situs yang menawarkan layanan jasa diantaranya jasa baja ringan yang meliputi jasa pemasangan dan jasa supplay baja ringan yang meliputi Bondek, Genteng Metal, Spandek, Kanal C, Reng Baja Ringan, dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan baja ringan. Di sini kami ingin menawarkan jasa pemasangan dan jasa supplay baja ringan untuk anda yang berada di Jabodetabek dan sekitarnya, yang mencakup Kota Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang. Jasa pasang baja ringan yang kami tawarkan adalah satu paket dengan bahan dan alatnya, jika anda hanya membutuhkan bahan saja, kami bisa menyediakannya.

PENGERTIAN BAJA RINGAN

Baja adalah logam campuran yang tediri dari besi (Fe) dan karbon (C). Jadi baja berbeda dengan besi (Fe), alumunium (Al), seng (Zn), tembagga (Cu), dan titanium (Ti) yang merupakan logam murni. Dalam senyawa antara besi dan karbon (unsur nonlogam) terrsebut besi menjadi unsur yang lebih dominan dibanding karbon. Kandungan kabon berkisar antara 0,2 – 2,1% dari berat baja, tergantung tingkatannya. Secara sederhana, fungsi karbon adalah meningkatkan kwalitas baja, yaitu daya tariknya (tensile strength) dan tingkat kekerasannya (hardness).

Proses produksi baja ringan adalah baja yang melalui proses canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Baja G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 MPa (Mega Pascal). Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN ATAP BAJA RINGAN

Apabila terjadi kebakaran maka rangka baja ringan bersifat tak membesarkan api. Hal ini sangat berbeda jika dibanding dengan rangka kayu. Saat terjadi kebakaran, maka kayu akan membuat barah semakin membesar sehingga kerusakan pada bangunan nan mengalami musibah kebakaran akan semakin parah.

Beban atap rangka baja ringan jauh lebih ringan daripada atap nan menggunakan rangka nan terbuat dari kayu. Hal ini sangat berguna bagi bangunan nan berada dalam wilayah gempa. Pada saat gempa terjadi, rangka atap nan ringan tak akan membuat bangunan hancur sebab menahan beban atap nan berat pada saat terjadi guncangan gempa.

Rangka atap baja ringan bebas dari hewan rayap sehingga tahan lama dan tak perlu melakukan renovasi terlalu sering pada bagian atap.

Rangka atap baja ringan nisbi tak mengalami perubahan penyusutan sebab cuaca nan biasanya sering dialami oleh rangka atap nan terbuat dari kayu.

Rangka atap baja ringan nisbi lebih ramah lingkungan sehingga penggunaannya akan ikut melestarikan alam dan mengurangi terjadinya penggundulan hutan.

KEKURANGAN MENGGUNAKAN ATAP BAJA RINGAN

Rangka atap baja ringan akan menjadi kurang menarik apabila diekspos seperti kerangka kayu. Namun jika designnya mampu menyusun kerangka atap itu dengan baik, maka rangka atap dengan bahan baja ringan nan dibiarkan terbuka dan kelihatan ini akan bisa memberikan kesan eksotik pada sebuah bangunan. Contohnya saja ialah Bandara Udara Incheon Korea nan tampilan rangka atapnya menggunakan baja ringan nan dibiarkan terbuka.

Rangka atap baja ringan tak lebih fleksibel daripada rangka kayu dalam hal pemotongan, sehingga tak dapat dibuat berbagai macam bentuk pada profil-profil tertentu. Selain itu, rangka baja ringan juga tak dapat diukir seperti pada rangka nan berbahan dasar kayu buat menimbulkan seni tersendiri. Biasanya masyarakat di daerah eksklusif seperti Bali lebih menyukai rangka dari kayu sebab dapat diberi ukiran-ukiran nan mengandung nilai dan filosofi eksklusif buat bangunan rumah tinggal mereka.